Minahasa Tenggara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melaksanakan verifikasi dan validasi data kepemudaan dan olahraga.

"Saat ini kami melakukan verifikasi data kepemudaan maupun olahraga agar diperoleh data yang akurat," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Minahasa Tenggara Djelly Waruis di Ratahan, Senin.

Menurut dia, pendataan tersebut diperlukan sebagai dasar bagi pemerintah kabupaten dalam menyiapkan program pengembangan kepemudaan dan olahraga.

"Jika sudah ada data secara menyeluruh, maka penetapan kebijakan strategis untuk kepemudaan maupun olahraga bisa direalisasikan," katanya.

Dikatakannya, sebaik apapun program yang direncanakan, tapi tidak ditunjang dengan data yang akurat dapat menyebabkan program tidak tepat sasaran.

"Kami harus verifikasi data serta berkoordinasi dengan pihak kecamatan berkaitan dengan data potensi pemuda, cabang olahraga, atlit, serta pelatihan,” jelasnya.

Dia mengatakan, program ke depan berdasarkan prioritas kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat lewat bidang kepemudaan dan olahraga.

"Kami akan utamakan program yang bisa memajukan pemuda dan olahraga kabupaten,” kata Djelly.

Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya juga bekerja sama dengan pengurus olahraga di daerah dalam peningkatan kualitas dari para atlet.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024