Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal ) menggelar Bakti Sosial (Baksos) pemeriksaan kesehatan jelang peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Talise, Kepulauan Talise, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Sabtu.

Komandan Lantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya diwakili Wadan Kolonel Laut (P) Apriyani mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Lantamal VIII dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Desa Talise, sebagai desa binaan terkait Program KBN yang telah diinstruksikan pemimpin TNI AL.

Salah satu prioritas dalam program KBN pada kluster kesehatan yakni melibatkan relawan dalam usaha-usaha meningkatkan kesehatan masyarakat.
Untuk itu, pada kegiatan tersebut disediakan pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan kesehatan mata secara gratis kepada masyarakat di sekitar Kepulauan Talise.

"Terima kasih atas antusiasme masyarakat terhadap kegiatan bakti sosial ini, juga semua pihak yang telah mendukung acara ini," katanya.

Dalam Baksos tersebut, Lantamal VIII bekerja sama dengan Lions Club Manado Bunaken dan Rumah Sakit Mata Provinsi Sulut yang membagikan kacamata gratis serta mengakomodasi bila ada masyarakat yang membutuhkan penanganan operasi lanjutan.

Baksos kesehatan kali ini juga menurunkan tiga dokter spesialis dari Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet Bitung dan Diskes Lantamal VIII, lima tenaga medis yang terdiri dari dokter spesialis mata dan perawat dari Rumah Sakit Mata Provinsi Sulut dan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara
Sedangkan untuk obatan-obatan pada kegiatan tersebut didukung didukung dari Diskes Lantamal VIII dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut.

Hadir pada kegiatan tersebut Aspotmar Danlantamal VIII Kolonel Marinir Hendy Dwi Bayu Ardiyanto, Asops Danlantamal VIII Kolonel Laut (P) Pantun Ujung, Kepala Desa Talise Diana Cony Kirauhe, penasehat Lions Club Manado John Honandar serta panitia KBN.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024