Manado (ANTARA) - Pemilik sertifikat selam berlabel Confédération Mondiale des Activités Subaquatiques (CMAS) Alvin Taulu mendukung Pulau Bangka dan Likupang menjadi lokasi kejuaraan underwater fotografi  akan digelar bulan Juli 2021.

Alvin Taulu mengatakan kawasan bawah air di daerah super prioritas Likupang, ternyata sangat menarik dan menantang, ini diakui langsung oleh salah satu pengusaha sukses berdarah Kawangkoan yang sempat berkarir di United Nation (UN).

Dia, menceritakan pengalaman menantangnya beberapa hari yang lalu, saat menjelajah sekaligus mengekplor kawasan bawah laut di Likupang, tepatnya di spot yang paling menantang para diver alias penyelam, Sahawung Pulau Bangka Kecamatan Likupang Timur.

Ketua Panitia Sulawesi Utara (Sulut) Hebat Likupang Underwater Photografi ini, menyelam di kedalaman 18 meter di spot yang paling ditakuti sekaligus disukai para penyelam. Menurutnya, sudah tepat jika kawasan Pulau Bangka dan Likupang menjadi tuan rumah untuk Kejuaraan underwater fotografi yang akan digelar pada 1 Juli hingga 3 Juli mendatang. 

“Sangat indah, dan obyek foto bawah laut sangat beragam. Mulai dari, soft coral yang sehat berukuran besar dengan warna warni nya yang unik amat mudah ditemui di kedalaman 10 meter. Schooling fish nya juga mudah ditemui selain beberapa biota laut yang juga tidak kalah menarik. Jadi para peserta nantinya tidak akan kehabisan stok obyek foto,” jelasnya.

Pada penyelaman selama 51 menit ini juga sangat berkesan, pasalnya pria yang besar di Australia dan Filipina ini harus menghadapi arus kencang, namun karena pengalamannya sebagai penyelam senior membuat aksi alam ini tidak membuatnya gagap untuk menikmati pesona Likupang bawah air. 

“Intinya, Presiden RI kita, sangat tepat menjadikan Likupang sebagai destinasi pariwisata unggulan. Alam darat dan bawah lautnya sama menarik dan indah. Mari kita bangga dengan pesona alam ini, mari kita jaga dan jangan jadikan laut sebagai tempat sampah,” tambah mantan petinggi Otorita Jasa Keuangan (OJK) RI.

Dalam penyelamannya mengeksplor kawasan bawah laut Sahawung, Taulu  didampingi oleh instruktur selam kenamaan Sulut, Nelson Uada dan dive master Noldy Hasibuan.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024