Manado, (Antara News) - Sejumlah warga Manado mulai mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menyalurkan hak suaranya memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado.

Seperti di TPS IV dan V Kelurahan Sario Manado, Selasa, sejumlah warga mulai antrian untuk mendapatkan sosialisasi dan nomor urut pencoblosan.

Kedua TPS itu membuka pelaksanaan pencoblosan sekitar pukul 08.00 wita, yang turut disaksikan sejumlah petugas KPPS, petugas Linmas dan Hansip serta para saksi dari empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta sembilan pasangan Wali Kota Manado.

"Kami sengaja datang pada pagi hari saat TPS dibuka, sehingga tidak terjadi penumpukan pemilih," kata Ny Voune, salah satu warga Sario.

Sejumlah TPS yang dimanfaatkan diantaranya gedung sekolah, aula kelurahan bahkan telah dibangun sendiri oleh petugas TPS di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, sejumlah warga yang belum terdata pada Daftar Pemilih tetap (DPT) namun hanya bisa menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), belum ditemukan di sejumlah TPS.

"Kami tetap akan akomodir jika warga hanya menggunakan KTP, tetapi belum ada yang melapor secara resmi," kata salah satu petugas TPS, Sandy.

Di Sulut telah digelar Pilkada serentak, yakni pemilihan Gubernur Sulut, pemilihan Wali Kota Manado, Tomohon, Bupati Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolmong Selatan dan Bolmong Timur. 

Pewarta :
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024