Manado (ANTARA) - Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Apel Kebangsaan mengusung tema "Dengan semangat kebhinnekaan, kita tingkatkan soliditas menuju Indonesia maju dan sehat", di Manado, Selasa.

Apel dipimpin Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, dihadiri Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, Kepala Kesbangpol Sulut Evans S. Liow, Kasrem 131/Stg Kolonel Arm Frangky Watuseke, Ketua MUI Sulut KH ABD Wahab Abd Gafur serta para pejabat utama Polda Sulut.

"Tujuan dilaksanakan apel kebangsaan ini untuk menguatkan rasa nasionalisme, menguatkan rasa NKRI bersama-sama dan untuk mengingatkan seluruh anak bangsa bahwa kebhinnekaan yang ada di Indonesia adalah kekuatan utama untuk menjaga kedaulatan negara,” kata Kapolda.

Kapolda mengatakan kegiatan apel kebangsaan ini akan menjadi penyampai pesan penting bahwa masyarakat harus bergerak bersama merawat kebhinekaan dan ke-Indonesiaan di tengah ancaman perpecahan yang disebabkan oleh paham radikalisme dan sifat intoleransi.

“Saya mengajak agar terus bekerja sama untuk merajut kemajemukan dalam jalinan persaudaraan sesama anak negeri, mencegah dan menghindari permusuhan, pertikaian dan perpecahan, agar terjaga kerukunan yang pada akhirnya akan terawat persaudaraan demi terwujudnya kesejahteraan yang merata di seluruh negeri,” katanya.

Polisi, katanya, tidak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan peran serta semua elemen masyarakat untuk menjaga kebhinekaan.

“Kita semua harus merasa bertanggung jawab dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif sesuai dengan bidang dan profesi masing-masing untuk menjaga persatuan dan kesatuan agar tetap utuh sebagai bangsa yang besar,” katanya.

Kapolda juga mengajak kepada seluruh peserta apel agar bersama-sama melakukan pencegahan COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan 5M.

“Yakinlah dengan semangat kebersamaan kita mampu mengatasi segala krisis yang ada. Mari kita bersama-sama untuk mendukung kebijakan pemerintah guna menekan angka penyebaran COVID-19 di wilayah Provinsi Sulut,” tandas Kapolda.

Apel dilaksanakan di halaman AKP Bryan Tatontos, SIK Mapolda Sulut, diikuti perwakilan dari Polri, TNI, Satpol PP, serta organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan.

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Kebangsaan oleh perwakilan peserta apel, diawali oleh Kapolda Sulut.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024