Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa, Sulawesi Utara, Royke Roring meminta TP-PKK memberdayakan perempuan untuk mencapai peningkatan kesejahteraan keluarga.

"Upaya pemberdayaan perempuan antara lain dengan menggelar lomba untuk TP PKK hingga kecamatan dan desa," kata Royke di Tondano, Kamis.

Royke mengatakan Hari kesatuan Gerak PKK ini merupakan salah satu momentum yang sangat penting dan strategis dalam implementasi 10 Program PKK.

“Salah satu upaya TP-PKK adalah untuk mewujudkan keluarga sejahtera melalui menciptakan ketahanan pangan keluarga, khususnya pemanfaatan pekarangan rumah untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok," katanya.

Untuk itu, katanya, melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat memberdayakan potensi keluarga, termasuk pemanfaatan pekarangan dan kreatifitas dalam mengolah barang bekas tidak terpakai menjadi media tanam yang mampu menghasilkan,” harap Bupati.

Hal ini tentu menjadi tugas mulia TP-PKK untuk terus memotivasi, membimbing, dan membina TP-PKK kecamatan, desa dan kelurahan, beserta para kadernya.

Sehingga, katanya, lebih berdayaguna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dan senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa, untuk mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

"Juga dalam kebersamaan yang kuat mewujudkan Sulawesi Utara yang semakin hebat,” katanya.

Bupati kemudian berpesan agar percepatan dalam melaksanakan capaian 10 Program Pokok PKK ini dilaksanakan dengan menjalin kemitraan dengan sejumlah pihak, termasuk pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan, serta instansi vertikal dan sejumlah lembaga kemasyarakatan lainnya.

Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-49 tahun 2021, yang mengangkat tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”, Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa menggelar lomba 10 Program PKK, bertempat di Aula Monumen Benteng Moraya Tondano.

Ketua TP-PKK Minahasa Fenny Ch M Roring-Lumanauw mengatakan kegiatan ini menindaklanjuti surat dari Ketua Umum TP-PKK nomor 161/SKR/PKK.PST/III/2021, tertanggal 3 Maret 2021, tentang pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 tahun 2021.

Dia mengatakan, kegiatan lomba ini diikuti oleh TP-PKK dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Minahasa, dengan jenis-jenis lomba yang diperlombakan di antaranya  pidato antarPKK Kecamatan, lomba kuliner, merangkai bunga dan sejumlah lomba lainnya.

“Khusus untuk lomba kuliner, menu-menu yang diperlombakan adalah menu ciri khas Minahasa, yang menggunakan bahan nonberas," katanya.

Untuk menu cake, puding, lauk dan jus, dibuat dari rumah. Sedangkan untuk menu Kapurung, harus dibuat di lokasi lomba dengan waktu pengolahan selama 30 menit.

Penilaian lomba cipta menu ini berdasarkan cita rasa, kreatifitas, aroma, penyajian/penampilan, kebersihan dan keragaman kandungan gizi,” terang Lumanauw.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024