Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Provinsi Sulawesi Utara mengharapkan para pemangku adat mampu menjaga dengan baik nilai-nilai kebudayaan di daerah itu.

"Sebagai pemangku adat berpesan agar nilai-nilai yang tumbuh harus terus dijaga," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di Bitung, Kamis.

Ia tidak menginginkan adanya intervensi dari pihak-pihak lain terkait dengan kebudayaan setempat agar kebudayaan di daerah itu tetap terjaga.

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar menghadiri Ibadah Syukuran Peringatan Hut Ke-4 Pemangku Adat Negeri Manembo-Nembo.

Hengky Honandar juga menyampaikan apresiasi terhadap pengurus Pemangku Adat Negeri Manembo-Nembo karena di tengah pandemi COVID-19 serta dinamika sosial, berhasil mengokohkan eksistensi dan peran untuk menjaga kesatuan wilayah, masyarakat, dan aturan tradisi turun-temurun.

"Ini tradisi dan budaya yang harus dijaga sampai turun-temurun," kata dia.

Pemerintah berharap pemangku adat serta masyarakat mampu menjaga keutuhan Kota Bitung yang memiliki beragam suku dan budaya.

"Kota Bitung yang merupakan daerah pelabuhan Sulut, menjadi perjumpaan bermacam-macam suku dan budaya, sehingga harus sama-sama saling menghargai dan menghormati," katanya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024