Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung meminta masyarakat waspada dan mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini terjadi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar di Bitung, Rabu, meminta masyarakat mengantisipasi cuaca ekstrem dampak Siklon Tropis 94W di Kota Bitung dan sekitarnya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap siaga antisipasi terhadap bencana cuaca ekstrem, seperti bencana pohon tumbang, kebakaran hutan, banjir, dan tanah longsor," katanya.

Pihaknya langsung menginstruksikan camat dan lurah untuk membuatkan posko bencana.

"Camat dan lurah harus terus lakukan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca ekstrem lewat pengeras suara di kelurahan masing-masing," katanya.

Masyarakat juga diharapkan mewaspadai ancaman banjir pesisir yang dapat terjadi pada saat bersamaan dengan fase pasang air laut, yaitu pada pagi hingga siang hari serta menjelang malam hari.

"Kami berharap masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," katanya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024