Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Royke Roring mengharapkan jejaring global daerah pesisir dunia mampu melestarikan ekosistem laut.

"Kabupaten Minahasa, Sulut banyak memiliki wilayah pesisir, sehingga lewat jejaring global ini, diharapkan kita mampu menyamakan visi dan misi tentang pelestarian ekosistem laut," kata Royke, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan  terbentuknya jaringan global para kepala daerah pesisir ini punya satu visi yang sama dalam hal melestarikan ekosistem laut yang bermuara pada manfaat yang dinikmati masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan. 

“Dengan adanya jejaring global ini, kami kepala daerah di pesisir jadi punya wadah berdiskusi dalam pengembangan dan pengelolaan ekosistem laut secara berkelanjutan," katanya.

Sebelumnya juga sudah ada pertemuan tahap pertama yang juga kami ikuti pada Bulan November 2020 lalu.

Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring menjadi perwakilan Indonesia dalam pertemuan Webinar Jejaring Global ke-2 para Kepala Daerah Pesisir di Dunia yang diselenggarakan oleh RARE. 

Dari Indonesia selain Bupati Minahasa, Bupati Buton yang diwakili Kepala Bappeda juga ikut dalam pertemuan secara virtual yang diikuti kepala daerah pesisir dari lima negara yakni Indonesia, Filipina, Mozambik, Brazil dan Honduras. 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024