Sulut, Sangihe (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana memperjuangkan pembukaan pelayaran  Sangihe-General Santos Filipina dengan menghadirkan Konsulat Jenderal Indonesia di Davao Filipina, Dicky Fabrian.

"Kehadiran Dicky Fabrian selaku Konjen di Davao Filipina sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang kami lakukan dengan Wakil Menteri Luar Negeri di Jakarta bulan Maret yang lalu," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Jumat.

Pemerintah Kabupaten Sangihe memiliki kerinduan agar ada transportasi laut dari Tahuna Sangihe dengan General Santos Filipina bisa di buka.

"Pemerintah pusat melalui Kementerian Luar Negeri telah merespon dengan baik kerinduan pemerintah Sangihe untuk membuka pelayaran Sangihe menuju General Santos Filipina Selatan, pulang pergi," kata Bupati

Konsulat Jenderal Filipina Dicky Febrian berjanji akan membantu untuk memfasilitasi dengan pemerintah Filipina agar ada transportasi laut dari Sangihe menuju General Santos.

Pembukaan transportasi laut Sangihe ke General Santos Filipina sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat di Sangihe.

"Pengusaha dan masyarakat di Sangihe dapat memanfaatkan transportasi laut ini untuk membawa hasil bumi dan perikanan guna di ekspor ke Jepang dan negara lainnya melalui Filipina," kata Konjen.

Kami berharap proses administrasi pembukaan jalur transportasi ini bisa berjalan lancar sehingga pelayaran perdana bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Kalau semuanya berjalan lancar, semoga pertengahan tahun 2021 ini pelayaran perdana Sangihe General Santos sudah bisa terealisasi," kata Dicky Febrian.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024