Makassar (ANTARA Sulsel) - PT Hadji Kalla agen penjualan Toyota di Sulawesi Selatan, Barat, Tengah dan Tenggara menyatakan, siap mengantisipasi pasar kendaraan niaga pada 2010.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Operasional PT Hadji Kalla, Hariyadi Kaimuddin pada peluncuran lima jenis truk Toyota Dyna baru sebagai langkah di awal tahun untuk memperkuat segmen kendaraan niaga, di Makassar, Jumat

"Peluncuran ini sekaligus keinginan untuk mendorong pergerakan perekonomian di wilayah kerja kami," ujarnya yang menargetkan penjualan hingga 1300 unit pada tahun ini.

Menurutnya, target tersebut akan lebih banyak di alokasikan pada pasar retail dibandingkan perusahaan.

"Dari 44,6 persen pencapaian pasar kendaraan niaga pada 2009 didominasi oleh pasar retail, kami akan pertahankan kondisi tersebut," ujarnya.

Ia optimistis, kinerja pasar 2010 akan lebih baik dengan memperkirakan potensi pertumbuhan pasar kendaraan komersial tumbuh hingga 50 persen.

Lima truk jenis baru ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp195 juta dengan empat roda dan Rp247 juta, enam roda.

"jenis enam roda ini yang terbanyak diminati pasar pada 2009 di wilayah penjualannnya. Pangsa pasarnya mencapai 80 persen dari total penjualan 1.139 unit khususnya pada segmen truk dua ton," katanya yang pernah mengakui kalau pihaknya agak terlambat menggarap pasar kendaraan niaga.

Ia menambahkan, harga truk generasi ketiga ini, mengalami peningkatan Rp5 juta hingga Rp10 juta dibandingkan 2009

Kenaikan harga tersebut karena penambahan fasilitas "power steering" dan "tilt telescopic" pada semua jenis serta perubahan interior selain pengadopsian mesin baru yang lebih bertenaga, efisien dan ekonomis.

Rencananya, lima tipe truk baru ini akan diluncurkan secara umum pada Senin (18/1) di Wisma Kalla dan dihadiri mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

(T.KR-RY/S016)


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024