Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut, melalui pelaksanaan latihan menembak.

"Latihan menembak ini merupakan latihan rutin triwulan I, menggunakan senjata laras panjang jenis Senapan Serbu-1 (SS-1) dengan tiga sikap yaitu berdiri, duduk dan tiarap dengan jarak sasaran 100 meter," kata Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh, di Manado, Jumat.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut, setiap prajurit melaksanakan latihan menembak dengan enam butir peluru sebagai tembakan percobaan untuk dikoreksi perkenaan, 10 butir peluru sikap tiarap,10 butir peluru sikap duduk dan 10 butir peluru sikap berdiri.  

"Dengan latihan menembak ini, diharapkan mengasah dan menjaga naluri tempur setiap prajurit tetap terjaga," katanya.

Ia menambahkan  serta mengasah kemampuan, naluri dan profesionalisme serta insting ketajaman dalam membaca dan membalas serangan musuh.

Dandenma Lantamal VIII  Letkol Laut (KH) Marcelino J Sompotan,  mengatakan mengharapkan kepada seluruh prajurit untuk bersungguh-sungguh dan melaksanakan prosedur penggunaan senjata dengan baik dan benar agar meningkatkan kemampuan menembak dengan menggunakan laras panjang tersebut. 

“Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit adalah kemahiran dalam menembak dengan target tepat sasaran, sehingga selalu dalam kondisi siap bila suatu saat ditugaskan,” katanya.

Latihan menembak tersebut dilaksanakan di lapangan tembak Lanudal Manado, Mapanget Sulawesi Utara.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024