Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya menandatangani prasasti transplantasi terumbu karang yang berlokasi di Jalan Boulevard Sawang Bendar, Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

"Penandatanganan prasasti tersebut dirangkai dalam kegiatan memperingati Hari Air Sedunia ke-29, yang dilaksanakan Lanal Tahuna bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sangihe," kata Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh di Manado, Jumat.

Ia mengatakan pada penandatanganan itu, Danlantamal VIII menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program Muara Pantai Laut Sehat (Mapalus) Lantamal VIII Manado dengan tujuan menjadikan muara pantai laut yang sehat, salah satunya melalui penanaman atau transplantasi terumbu karang yang rusak atau menciptakan habitat baru, serta pengenalan langsung kepada masyarakat Kepulauan Sangihe untuk melestarikan terumbu karang sejak dini.

"Dengan menjaga ekosistem laut secara bijaksana dan berkelanjutan yang sesuai dengan prinsip budaya lokal dan dipadankan dengan ilmu teknologi, diharapkan mampu menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan biota laut yang yang terkandung di sekitarnya," katanya.

Pada saat itu, Danlantamal menandatangani prasasti transplantasi terumbu karang dan menyerahkan substrat kepada perwakilan peserta penyelam yang nantinya ditanam dalam pelestarian terumbu karang di Kepulauan Sangihe.

Kegiatan transplantasi terumbu karang yang bertemakan "Bersama Membangun Potensi Alam Bawah Air Laut Sangihe" itu dihadiri Forkompimda Sangihe.

Danlantamal VIII pada saat itu didampingi Ketua Kordinator Cabang VIII Daerah Jalasenastri Armada II Tirta Wayan Ariwijaya, Asisten Logistik Kolonel Laut (T) Ahmad Sahur dan Asisten Potensi Maritim Kolonel Marinir Hendy Dwi Bayu Ardiyanto.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024