Tomohon (ANTARA) - Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) menandatangani perjanjian kinerja mewujudkan pemerintahan bersih, efektif dan berintegritas.

"Penetapan dan penandatangan perjanjian kinerja ini memiliki peran yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Tomohon," kata Wali Kota Caroll JA Senduk di Tomohon, Kamis. 

Wali Kota mengatakan, visi dalam menjalankan pemerintahan adalah “Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera”.

"Hubungannya dengan misi yang akan kita wujudkan bersama-sama di antaranya yakni misi kelima yaitu mewujudkan pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas," katanya. 
 
Pencapaian visi dan misi ini dapat diwujudkan apabila para pejabat di kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu berkomitmen dan menandatangani penetapan perjanjian kinerja organisasi, serta bekerja dengan totalitas dan loyalitas yang tinggi sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.
 
Pemerintah kota, lanjut dia, tidak akan berhenti pada paradigma pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good governance and clean government), tetapi melalui komitmen bersama mewujudkan 'smart government' yaitu pemerintah yang cerdas melayani dan mengabdi untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Saya bersama dengan Wakil Wali Kota Tomohon bapak Wenny Lumentut menetapkan tahun pertama kepemimpinan sebagai tahun kerja, ini berarti kita semua secara solid berjuang bersama meningkatkan kerja dan karya dalam rangka menghadirkan pemerintah yang totalitas melayani untuk masyarakat," sebutnya.

Perjanjian kinerja organisasi adalah dokumen yang berisikan penugasan Wali Kota kepada Sekretaris Daerah dan kepala perangkat daerah di bawahnya sebagai pengguna anggaran untuk melaksanakan program, kegiatan dan sub kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja yang 'smart'.

Indikator tersebut mencakup 'specific' (kekhususan), 'measurable' (terukur), 'achievable' (tercapai), 'relevant' (relevan), dan 'time-bound goals' (tepat waktu). 

"Karena itu saya mengajak kita semua untuk bekerja berorientasi pada hasil (outcome), mempunyai dampak positif (positive impact) dan nilai ekonomis bagi masyarakat kota tomohon (benefit). Kami menyadari bahwa kita masih dalam perjuangan melawan pandemi COVID-19 yang memiliki dampak luas dan me

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024