Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melindungi sebanyak 2.000 pekerja rentan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Bupati Minut Joune Ganda, di Manado, Jumat, memgatakan pihaknya berkomitmen untuk melindungi masyarakat pekerja yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa Utara dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselanggarakan oleh BPJAMSOSTEK.

Bupati berkomitmen untuk memberikan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi pekerja rentan yang ada Wilayah Kabupaten Minahasa Utara sebanyak 2.000 tenaga kerja  pada tahap awal.

Selain itu perlindungan tersebut akan diberikan juga kepada Tenaga Non ASN, Aparat desa dan BPD agar dapat meningkatkan kinerja dalam mendukung roda pemerintahan.

Komitmen tersebut akan diawali dengan dilakukannya penandatangan MoU antara Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dengan BPJAMSOSTEK.

Bupati mengatakan bahwa diharapkan bulan Juni 2021 program perlindungan bagi pekerja rentan sudah dapat direalisasikan dan kedepannya secara bertahap semua pekerja baik formal, informal maupun jasa konstruksi sudah dilindungi oleh Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sehingga dapat meningkatkan kesejateraan Masyarakat Minahasa Utara.

Dengan mengikutsertakan pekerja rentan di Kabupaten Minahasa utara dalam progam ini akan menekan angka kemiskinan akibat resiko kecelakaan kerja maupun kematian. 

"Dan pekerja dapat lebih tenang menjalankan tugas-tugasnya karena sudah adanya perlindungan," katanya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bitung dan Minahasa Utara Widhi Astri Aprillia Nia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya terkait komitmen dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk melindungi pekerja baik pekerja formal dan informal. 

"Kami mengaharapkan sinergitas antara BPJAMSOSTEK dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dapat dipertahankan sehingga dapat menghasilkan inovasi-inovasi untuk meningkatkan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi seluruh masyarakat pekerja di Kabupaten Minahasa Utara," tutup Widi.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024