Mamuju (ANTARA Sulsel) - Ribuan warga di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan shalat gaib atas wafatnya mantan Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Pemantauan di Mamuju, Jumat, ribuan umat muslim melaksanakan shalat gaib untuk Gusdur di Mesjid Raya Suhada Mamuju, dipimpim Imam Mesjid Raya Shuhada, H Adnan Abbas, usai melaksanakan ibadah Shalat Jumat.

H Adnan Abbas mengatakan, Gus Dur merupakan sosok pejuang umat Islam di Indonesia, beliau telah membawa bangsa ini untuk hidup bergama secara rukun dan damai sehingga antar pemeluk beragama di wilayah ini juga dapat hidup berdampingan.

Ia mengatakan, Gus Dur juga merupakan sosok pemimpin bangsa Indoneia yang kharismatik, dan bertanggung jawab dalam menjaga keutuhan kesatuan serta persatuan bangsa ini.

"Mari kita semua mengenang jasanya, Gus Dur yang pernah memimpin kita dan terus mendoakan beliau agar arwahnya diterima di sisi Allah SWT," ujarnya tokoh agama di Mamuju ini.

Shalat gaib juga dilakukan di hampir semua jemaah Jumat di wilayah Propinsi Sulawesi Barat.

Gus Dur wafat pukul 18.45 WIB (30/12) di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, di usianya yang ke 68 tahun Gusdur dan telah dimakamkan disamping makam kakeknya KH Hasyim Ashari di sekitar Pesantren Tebu Ireng Kabupaten Jombang Jawa Timur.

(T.PK-MFH/B013)


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024