Manado (ANTARA) - Ketua TP PKK Sulawesi Utara Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Wakil Ketua TP PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos mengikuti pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX PKK Tahun 2021 secara virtual di Kantor Gubernur, Senin (8/3).

Rakernas IX TP PKK dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Ketua Umum TP- PKK, Ny Tri Tito Karnavian di Gedung Kemendagri Jakarta.

Adapun tema Rakernas IX TP PKK yaitu ‘Kemitraan dan Sinergitas Menjadi Kunci Dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera’.

Pada kesempatan itu, Ketum PKK Ny Tri Tito Karnavian mengimbau seluruh jajaran PKK di daerah selaku mitra pemerintah agar mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Bangun kerja sama dengan lembaga lain, lakukan pembinaan pada kelompok-kelompok PKK/Dasawisma yang ada di Desa/Kelurahan. Kurangi kegiatan yang sifatnya seremoni dan pertimbangkan efisiensi dan efektivitas,” ujarnya.

Dia menekankan kembali tujuan gerakan PKK, salah satunya adalah menjadikan keluarga-keluarga yang berdaya dan sejahtera, yaitu keluarga yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidupnya, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial-budaya. 

Untuk itu, dalam mewujudkannya, PKK membutuhkan sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak.

“Untuk itulah hasil rapat kerja nasional ini kita harapkan bisa menuju kepada empat pokok prioritas PKK, yaitu ketahanan ekonomi masyarakat, revolusi mental, kemudian pelestarian lingkungan hidup dan memperkuat pelayanan dasar, seperti kesehatan, pendidikan sosial dan budaya,” terangnya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024