Minahasa Tenggara (ANTARA) - TP-PKK Kabupaten Minahasa Tenggara menyatakan komitmen mereka untuk mendukung upaya pelestarian budaya daerah tersebut. 
"Kami dari PKK kabupaten mempunyai perhatian khusus dalam rangka menunjang pelestarian budaya daerah, karena ini menjadi bagian dari identitas daerah," kata Ketua TP-PKK Minahasa Tenggara Djein Leonora Rende.
Ia mengungkapkan, upaya pelestarian budaya daerah menjadi salah satu program dari pihaknya untuk mendukung program dari pemerintah kabupaten.
"Salah satu program TP-PKK adalah pelestarian budaya. Untuk itu kami akan bersinergi dengan Pemkab Mitra dalam penggunaan bahasa daerah dengan kearifan lokal,” ujarnya. 
Selain itu kata Rende, pihaknya juga mengapresiasi penyusunan Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (P3KD) yang dilaksanakan Komisi IV DPRD Sulut, dengan menggandeng Pemkab Minahasa Tenggara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.
"Upaya Komisi IV DPRD sulut mendorong Pemkab Minahasa Tenggara untuk penyusunan P3KD harus diapresiasi. Sebab Mitra memang kaya akan budaya dan ini harus dilestarikan,” jelasnya.
Dia juga berharap perhatian dari masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara untuk ikut melestarikan budaya daerah, sebagai bagian dari warisan leluhur.
"Pelestarian budaya juga sangat perlu dari keterlibatan masyarakat, sehingga apa yang menjadi budaya kita tetap bisa dilestarikan," tandas Sekretaris Komisi II DPRD Sulut ini.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024