Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey terus memperkuat kerja sama di sektor pendidikan dengan Universitas Pertahanan (Unhan) RI lewat kunjungan kerja ke Kantor Unhan di Jakarta, Jumat (5/3) yang diterima langsung Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian.

Unhan telah menjalin kerja sama dengan Pemprov Sulut tentang tridarma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat yang disepakati pada November 2019 lalu di Kantor Gubernur Sulut melalui penandatanganan MoU oleh Gubernur Olly dan Rektor Unhan yang ketika itu masih dijabat Letjen TNI Tri Legionosuko.

Hingga kini, Unhan terus memprogramkan kegiatan kerja sama dan sosialisasi ke berbagai instansi TNI, Pemerintah, dan BUMN. 

Diharapkan melalui kegiatan tersebut, keberadaan Unhan akan lebih dikenal secara luas serta dapat membawa manfaat dalam menjaring para calon mahasiswa yang akan dibekali ilmu-ilmu pertahanan dan bela negara.  

Mereka inilah yang nantinya akan menjadi sumber daya pertahanan sehingga diharapkan bekal ilmu pengetahuan yang didapat selama menimba ilmu di Unhan akan bermanfaat untuk instansi atau satuan.

Saat ini Unhan kembali memberi beasiswa bagi putra putri terbaik bangsa untuk Tahun Akademik 2021/2022 untuk semua kalangan, baik TNI, Polri, PNS, maupun masyarakat umum.

Adapun beasiswa dari Unhan RI ini mencakup semua jenjang pendidikan, mulai Program Sarjana S1, Program Magister S2, dan Program Doktoral S3. 

Untuk program Sarjana S1, Unhan RI akan memberikan beasiswa bagi lulusan SLTA atau sederajat jurusan IPA yang meliputi empat Fakultas.

Di antaranya Fakultas Kedokteran Militer (Prodi Pendidikan Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter), Fakultas Farmasi Militer (Prodi Ilmu Farmasi), Fakultas MIPA Militer (Prodi Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika), serta Fakultas Teknik Militer (Prodi Teknik Informatika, Teknik Konstruksi Bangunan Militer, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin).

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024