Manado (ANTARA) - Pemerintah daerah akan membantu menggenjot pasar semua hasil pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Edwin Kindangen, di Manado, Kamis, mengatakan pelaku UMKM telah terbukti mampu memperkuat ekonomi daerah, karena itu pemerintah akan membantu perkuat pasar. 

Karena itu, pemerintah daerah menyambut baik dan mengapresiasi kolaborasi berbagai pihak ini dalam mendorong UMKM. 

“Dipertemukannya antara Accor sebagai pembeli jangka panjang dengan pedagang, khususnya UMKM, adalah stimulus yang baik, apalagi didukung dengan hadirnya BNI selaku lembaga pembiayaan," katanya.

Dia mengatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menjadikan pengembangan UMKM sebagai salah satu program prioritas ekonomi daerah, tujuannya untuk menyelaraskan struktur perekonomian daerah.

Edwin mengatakan juga mempercepat pertumbuhan ekonomi, mengurangi tingkat pengangguran, mnenurunkan tingkat kemiskinan, meningkatkan laju pergerakan sektor riil, dan memperbaiki pemerataan pendapatan masyarakat. 

"Mudah-mudahan dengan penerapan protokol kesehatan yang baik di masa pandemi ini, industri perhotelan bisa tetap berjalan sehingga UMKM di Sulawesi Utara dapat terus terbantu,” katanya.

Hal tersebut diimplementasikan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama tentang “Kerja Sama Pemberdayaan UMKM di Sektor Perdagangan Melalui Pemanfaatan Fasilitas Perhotelan dan Jasa Akomodasi, serta Penyediaan Layanan Perbankan” di Manado.

Penandatanganan nota kesepahaman bersama dilakukan Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Ida Rustini; Pemimpin Wilayah 11 Manado (Suluttenggomalut) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), Koko Prawira Butar-Butar; Senior Vice President PT. AAPC Indonesia, Adi Satria; dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Edwin Kindangen, Penandatanganan disaksikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024