BI harapkan PJSP dukung Gernas (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mengharapkan agar semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menjadi mitra para merchant dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Kami telah mengundang setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), baik bank maupun non bank yang telah menjadi mitra merchant dalam kepemilikan rekening atau penyediaan kanal pembayaran eksisting seperti EDC, untuk bekerja sama mengimplementasikan QRIS di UMKM," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat, di Manado, Kamis.

Arbonas mengatakan hal ini dilakukan dalam rangka Gernas BBI sehingga dapat terimplementasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dia menjelaskan PJSP diharapkan dapat membantu UMKM sehingga mereka bisa memanfaatkan layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam bertransaksi.

QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

Dia menjelaskan QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024