Manado (ANTARA) - Kementerian PPN/Bappenas mendorong pemerintah daerah menyusun rencana pembangunan secara konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan, kata Sekdaprov Sulawesi Utara, Edwin Silangen. 

"Selain itu juga mendorong terjadinya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pusat dan daerah, mendorong pemda melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan serta mendorong pemda berinovasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan," sebut Sekdaprov Silangen di Manado, Rabu.

Silangen menambahkan, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan evaluasi komprehensif dan kreatif melalui Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terkait dengan prestrasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

PPD di tingkat provinsi ini, dalam rangka meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah serta sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada pemda. 

"Keberhasilan pelaksanaan pembangunan ditentukan oleh keberhasilan daerah dalam menyiapkan perencanaan, pelaksanaan, dan pencapaian pembangunan daerah dengan baik," ujarnya.

Dia optimistis, pelaksanaan PPD di tengah pandemi mampu memotivasi setiap daerah menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara optimal bahkan menciptakan inovasi pembangunan di Sulut.

“Oleh karena itu, saya berharap penghargaan ini mampu mendorong setiap daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten, hingga kota berlomba-lomba menyiapkan dokumen RPJMD, RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan, serta dapat melahirkan inovasi-inovasi pembangunan yang menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi di daerah,” terangnya.

Salah satu apresiasi dari penghargaan ini yaitu ketambahan Dana Insenif Daerah (DID), dan ini dapat menjadi daya ungkit keberhasilan pembangunan di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu.


 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024