Manado (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan),Syahrul Yasin Limpo didampingi jajaran eselon satu Kementerian Pertanian (Kementan), dan ASN kristiani korpri melaksanakan perayaan natal 2020 di Gedung Auditorium Gedung F, Kantor Pusat Kementerian Pertanian Jakarta(15/1)

"Saya percaya Tuhan menerbitkan matahari tanpa bertanya apa agamamu. Agamamu, agamaku, kita percaya Tuhan itu satu. Jadikan momen ini membangun semangat kita untuk mempererat tali persaudaraan. Kita terus kerja nyata untuk petani kita," ujar Mentan saat memberikan sambutannya.

Mentan mengatakan momen natal untuk seluruh ASN kristiani korpri Kementan harus menjadi bagian dari mengkonsolidasi nilai-nilai kristiani dalam kehidupan tugas serta peran dalam pembangunan sektor pertanian.

"Harus bisa bergandengan tangan menghadapi semua masalah dan tantangan khususnya saat pandemi COVID-19 bahkan jajaran Kementerian Pertanian harus bahu membahu lintas agama karna pada dasarnya agama mengajarkan kita menjadi Rahmat," tambah Syahrul.

Mentan meminta seluruh ASN Kementan bisa menjadi penyangga dalam pembangunan sektor pertanian untuk mempersiapkan pangan bagi  273 juta rakyat Indonesia. Kemtan berbagi kasih dengan para undangan (1)
Karena itu, tahun 2021 upaya sektor pertanian menuju pertanian maju, mandiri dan modern harus dijalankan dengan maksimal sehingga memberikan hasil yang lebih besar dari capaian tahun 2020.

"Bekerja di Kementerian Pertanian itu adalah ibadah, bukan kesempatan untuk tujuan lain," tegas Mentan Syahrul.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pertanian periode 2000-2004 pada Kabinet Gotong Royong, Profesor Bungaran Saragih meminta seluruh karyawan/i khususnya ASN kristiani meningkatkan etos kerja mendukung seluruh program Kementan untuk menyukseskan program sektor pertanian yang maju, mandiri dan modern.

"Tahun 2021 sudah berubah penuh tantangan bahkan dalam perayaan natal yang kita lakukan hari ini jauh dari kebiasaan kita namun natal tidak boleh kehilangan esensinya kita harus tetap mensyukuri semua karunia Tuhan dalam hidup kita meskipun Corona masih ada sehingga kita harus berdisiplin sesuai anjuran pemerintah," tegas Bungaran.

Bungaran menambahkan, hari kelahiran Yesus Kristus akan memberikan kekuatan terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19. 

Kekuatan yang diterima harus mendorong ASN Korpri Kementan terus berkarya terhadap pembangunan nasional.

"Dengan keyakinan yang teguh bahwa bersama dengan Tuhan kekuatan dan penyertaanNya akan selalu bersama kita. Kiranya kita mampu meningkatkan tali persaudaraan kita dalam mendukung program sektor pertanian," ujarnya.
  Kemtan berbagi kasih dengan para undangan (1)
Tali persaudaaan tidak hanya dilakukan dengan agama tertentu atau suku tertentu namun harus menjalin persaudaraan agama bahkan suku  lainnya, ujarnya.

Bungaran juga turut memberikan apresiasinya kepada seluruh ASN kristiani korpri Kementan yang telah menyelenggarakan perayaan natal di tengah upaya  peningkatan sektor pangan yang dilaksanakan secara offline dan online yang tentunya memiliki tantangan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kesempatan ini secara khusus saya menyampaikan penghargaan bagi panitia dan seluruh pihak penyelenggara dengan kesibukan sehari hari selaku karyawan Kementerian Pertanian namun saudara masih bisa mempersiapkan Natal sebagai momentum terhadap peran dan sumbangan kita terhadap pembangunan pertanian," tutup Bungaran.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024