Sulut, Sangihe (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara(Sulut)  Rivo Pudihang mengingatkan masyarakat setempat agar mewaspadai bencana alam banjir dan longsor pada musim hujan ini.

"Kami mengingatkan semua masyarakat agar mewaspadai adanya bencana alam banjir dan longsor akibat hujan awal tahun 2021 ini," kata Rivo Pudihang di Tahuna, Sulawesi Utara, Sabtu.

Bencana alam banjir dan longsor terjadi tanggal 3 Januari 2020 di beberapa tempat di Kabupaten Sangihe yang sempat mengakibatkan korban meninggal dunia, menjadi pengalaman bagi warga agar tidak terulang lagi.

"Peristiwa tahun 2020 yang ada beberapa orang yang meninggal dunia akibat tertimbun longsor di awal tahun kiranya tidak terulang lagi," kata dia.

Menurut dia, intensitas hujan sejak tanggal 2 Januari 2021 sampai hari ini, kiranya diwaspadai oleh masyarakat sebab Kabupaten Sangihe merupakan daerah rawan bencana.

Sebagai daerah yang berbukit kata dia, ancaman longsor di musim hujan sering terjadi, dan ini harus mendapat perhatian khusus masyarakat secara umum.

"Masyarakat harus mewaspadai bahaya longsor ketika melintasi wilayah perbukitan di musim hujan pada akhir tahun ini," kata dia.

Demikian juga masyarakat yang bermukim di wilayah aliran sungai agar tetap melihat situasi agar terhindar dari bencana.

Kepada pengemudi kendaraan roda dua dan empat juga diminta waspada terhadap longsor dan pohon yang tumbang.

"Pengemudi kendaraan roda dua dan empat yang ke luar kota agar tetap meningkatkan kewaspadaan," kata dia.

Masyarakat nelayan juga diminta agar memperhatikan cuaca sebelum melaut sebab laut sedang bergelombang.

Masyarakat juga diminta agar segera melapor kepada aparat setempat apabila terjadi bencana atau kecelakaan.

"Informasikan secepatnya kepada aparat setempat bila terjadi bencana atau kecelakaan agar segera dilakukan penanganan oleh petugas," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024