Manado (ANTARA) - Sebanyak 1.197 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara bakal divaksin COVID-19 untuk tahap pertama kali karena merupakan garda terdepan dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan.

Bupati Minahasa Royke Roring di Manado, Senin mengatakan sebelumnya akan dilakukan screening, karena bisa saja dari jumlah itu ada yang belum bisa divaksin, misalnya mungkin ada nakes yang mempunyai penyakit kronis, otomatis tidak boleh divaksin.

Bupati mengatakan vaksinasi COVID-19 di Minahasa dilakukan tiga tahap.

“Untuk tahap pertama nakes, Kemudian tahap kedua petugas pelayanan publik, dan tahap ketiga masyarakat umum,” ungkapnya.

Pemkab Minahasa, katanya, masih berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Saat ini masih berkoordinasi dan menunggu petunjuk Satgas Pemprov Sulut, kapan pendistribusian vaksin dan pemberian vaksinasi tahap pertama.

Pemkab Minahasa telah menyiapkan tempat khusus pemberian vaksin COVID-19.

Informasi diperoleh bahwa vaksin COVID-19 dikabarkan telah tiba di Manado melalui Terminal Cargo Bandara Internasional Sam Ratulangi.

Ketua Satgas COVID-19 Minahasa Denny Mangala menambahkan untuk pemberian vaksin akan dikawal sesuai aturan pendistribusian.

Pada tahap pertama, diprioritaskan bagi nakes, tahap kedua bagi TNI/Polri serta aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat langsung dengan pelayanan kepada masyarakat.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024