Sulut, Sangihe (ANTARA) - Juru bicara Satuan Tugas penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jopy Thungari mengatakan, tingkat kesembuhan pasien COVID-19 cukup tinggi mencapai 78,83 persen dari jumlah kasus.

"Sampai hari ini, pasien COVID-19 yang sudah sembuh sebanyak 108 orang atau 78,83 persen dari 137 pasien yang positif COVID-19," kata Jopy Thungari di Tahuna, Sulawesi Utara, Sabtu.

Menurut dia, sekarang masih ada 24 pasien yang sementara dirawat maupun menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan kasus yang meninggal dunia tercatat ada lima orang pasien dan sudah dimakamkan sesuai protokol COVID-19.

Dia mengatakan, pada tanggal 8 Januari telah bertambah lima kasus, tiga orang di Kelurahan Tapuang, satu Manente dan satu Soataloara 1 sehingga total kasus sebanyak 137.

Pemerintah Kabupaten Sangihe melalui Satuan Tugas terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

"Kami tetap menghimbau masyarakat agar selalu memakai masker dan menghindari kerumunan serta menjaga jarak bila beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari penularan COVID-19," kata dia.

Selain memberikan himbauan kata dia, tim satuan tugas juga sudah mengambil tindakan bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat berada di tempat umum.

"Saat ini sudah dilakukan rasia penggunaan masker di tempat umum. Bagi yang kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan langsung diberi tindakan oleh tim," kata dia.

Dia berharap dengan tindakan tegas Satuan Tugas, masyarakat Sangihe lebih tertib dalam mematuhi protokol kesehatan sehingga angka penularan terus menurun.

"Kami berharap, penularan COVID-19 terus menurun dengan sikap tegas satuan tugas serta kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024