Manado (ANTARA) - Lanal Melonguane beserta jajaran konsisten untuk berkontribusi positif bagi masyarakat di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dengan melaksanakan program-program dalam rangka menunaikan salah satu dari Delapan Wajib TNI yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

"Terus memberikan penekanan terkait hal tersebut kepada seluruh jajaran, termasuk kepada anggota Pos Angkatan Laut (Posal) Miangas," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Melonguane, Letkol Marinir Adi Sucipto di Manado, Minggu (13/12).

Ia mengatakan dalam rangka membantu masyarakat dalam bidang kesehatan, sampai dengan saat ini secara khusus dan berkelanjutan mengirimkan anggotanya dari Korps Kesehatan untuk ditugaskan di Posal Miangas.

"Anggota tersebut secara rutin memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat yang sakit ataupun lanjut usia (lansia),"katanya.

Ia menambahkan setelah periode penugasan Serda APM Aprianto selesai, mengirimkan Sertu APM Candra Ali Susanto yang telah cukup berpengalaman dan memiliki kompetensi yang baik dalam bidang kesehatan.

Selain bidang kesehatan, dalam rangka membantu ketahanan pangan masyarakat di Pulau Miangas khususnya sayur-sayuran, Lanal Melonguane juga secara rutin mengirimkan hasil panen tanaman hidroponik dari Mako Lanal Melonguane ke Pulau Miangas yang kemudian oleh anggota Posal Miangas dibagikan gratis kepada masyarakat sekitar Posal.

Tanaman sayur hidroponik yang rata-rata dapat dipanen dalam waktu tiga minggu atau satu bulan sekali, menjadikan Lanal Melonguane dapat secara rutin mengirimkan sayuran ke Pulau Miangas.

"Menyampaikan apresiasi kepada para anggota yang bertugas di pulau kecil terluar tersebut yang memiliki integritas yang tinggi terhadap dinas/kesatuan serta memiliki jiwa pengabdian kepada masyarakat,"katanya.

Selaku pucuk pimpinan kesatuan yang berada di wilayah perbatasan dengan wilayah kerja berupa kepulauan di bibir Samudera Pasifik, lanjut Perwira Menengah Korps Marinir yang telah berulang kali ke Miangas dengan mengendarai Searider ini, mengetahui, menyadari dan memahami betul berbagai tantangan yang dihadapi oleh kesatuan beserta seluruh prajuritnya dalam menjalankan tugas.

"Kita sendiri dihadapkan dengan berbagai keterbatasan, namun walau pun dihadapkan dengan berbagai keterbatasan dan tantangan yang ada kita masih mampu untuk bermanfaat dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, maka di situlah nilai lebih kita," katanya.

Danlanal mengajak seluruh anggotanya serta segenap lapisan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud ataup masyarakat di luar Talaud untuk terus meningkatkan kepeduliannya kepada sesama anak bangsa, terutama untuk masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil terluar di wilayah perbatasan.

Kepada masyarakat yang tinggal di perbatasan, juga mengajak untuk terus berkreasi dan berinovasi sehingga nantinya dapat mandiri dan lebih maju, yang pada akhirnya dapat mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh di wilayah perbatasan.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024