Manado (ANTARA) -  Anggota DPD-RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), Ir. Djafar Alkatiri dan Maya Rumantir, PHD, mengunjungi KPU, Bawaslu dan Polda Sulut memantau persiapan pemungutan suara serta penerapan protokol kesehatan dalam pemilihan, 9 Desember. 

"Anggota DPD datang untuk memastikan penyelenggaraan itu betuol-betul, terlaksana dengan baik, lancar, sukses aman dan sehat," kata Senator Djafar Alkatiri, saat mengunjungi Bawaslu Sulut yang diterima ketuanya, Herwyn Malonda. 

Dia mengatakan, yang paling utama adalah harus aman dan sehat, yakni mengedepankan protokol kesehatan, sehingga masyarakat pemilih tetap aman dan sehat, dan itu dipastikan para senator itu. 

Menurut Alkatiri, pihaknya juga mau memastikan koordinasi antara KPU Bawaslu polisi dan TNI berjalan baik sehingga pemungutan suara juga terlaksana dengan benar. 

"Kami mau melihat semuanya terlaksana dengan baik pada 9 Desember, sehingga partisipasi bagus, protokol kesehatan terpenuhi, yang punya hak memilih, menggunakan haknya," katanya. 

Dengan demikian, kata Alkatiri, maka tingkat partisipasi publik akan tinggi, dan Pilkada yang dihasilkan berkualitas sebab semuanya terlaksana sesuai aturan. 

Dia menambahkan saat mengunjungi Bawaslu yang diterima ketua Herwyn Malonda, pihaknya mendapat kepastian, dari ketua Bawaslu, sehingga dia yakin semuanya akan sampai tepat pada waktunya. 

Alktiri juga memastikan bahwa semua logistik pemilihan baik yang pemilu dan non pemilu, yakni alat perlindungan diri, dan lainya sudah berada di lokasi yang dimaksudkan, namun sebelumnya mengunjungi desk Pilkada Manado.***  

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024