Manado (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) meningkatkan kualitas pelaku industri kecil menengah (IKM) di tengah pandemi COVID-19 di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Peningkatan kualitas ini dengan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) IKM kerajinan Dekranasda tahun 2020," kata Ketua Dewan Pembina Dekranasda Minahasa Fenny Roring-Lumanauw, di Tondano, Selasa.

Lumanauw mengatakan Dekranasda pada dasarnya merupakan lembaga independent yang bermitra dengan pemerintah daerah, dimana tujuannya adalah untuk mengembangkan kerajinan berbasis budaya bangsa dan daerah.

"Dekranasda bertujuan menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya serta membina penemuan serta penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dalam rangka memperkokoh jati diri dan budaya masyarakat Minahasa,” ungkapnya.

Selain itu, melalui kegiatan seperti ini, diharapkan akan menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari-hari, yang meningkatkan martabat masyarakat Minahasa.

“Kami membantu Pemkab Minahasa merumuskan kebijakan di bidang industri kerajinan dan peningkatan SDM, memperluas pangsa pasar hasil kerajinan, dengan mengikuti pameran dalam rangka perluasan pasar didalam dan luar negeri,” ujarnya.

Bimtek ini merupakan bagian penting untuk mencapai tujuan yang diharapkan bersama dan harus menjadi kegiatan yang berdampak besar bagi pengrajin untuk meningkatkan kreatifitas, inovasi dan kualitas produk kerajinan.

“Untuk itu, harapan kami bimtek ini dapat diikuti dengan serius oleh pengrajin, sehingga menghasilkan produk kerajinan dan souvernir yang menjadi ciri khas daerah Minahasa dan bisa bersaing di tingkat lokal, nasional, pasar bebas ASEAN dan pasar global,” harapnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024