Manado (ANTARA) - Ketua Komisi III DPR RI Herman Heri memberikan apresiasi terhadap kinerja Polda Sulawesi Utara (Sulut) dalam  menjaga dan memelihara Kamtibmas  menghadapi Pilkada serentak 2020 serta upaya pencegahan  COVID-19.

"Kapolda tahu jalan-jalan terobosan untuk menyentuh simpul-simpul masyarakat, artinya polisi didalam menjalankan fungsi dan tugasnya tidak menggunakan pendekatan kekuatan kekuasaan penegakan hukum tapi melakukan terobosan yang namanya Promoter," kata Herman Heri pada pertemuan Komisi III DPR RI dengan Polda Sulut saat kunjungan kerja spesifik masa persidangan II Tahun Sidang 2020-2021 di Manado, Jumat.

Dengan demikian, katanya ada respek, ada simpati dari simpul-simpul masyarakat, para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Apa yang dilaksanakan Polda Sulut dan jajaran merupakan gambaran Polisi yang modern dan profesional. "Apa yang disampaikan secara rinci oleh Kapolda, kami nilai inilah polisi modern, inilah polisi profesional. Kalau mau daerah itu aman beginilah caranya,"katanya.

Ia juga menilai Polda Sulut sangat siap dalam melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak di masa pandemi COVID-19.

"Tidak ada keraguan sedikit pun, demikian pula dalam hal penanganan protokol COVID-19, kesadaran masyarakat menggunakan masker, menjaga jarak juga nampak. Saya lihat di Polda Sulut ini berhasil karena kami turun ke lapangan," katanya.

Ia mengatakan keberhasilan itu juga, tak lepas dari sinergitas dan koordinasi lintas sektor yang baik.

"Apa yang kami dapat disini kami puas, Kapolda secara profesional melakukan langkah persuasif, koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholder dan satu hal polisi tidak bisa berjalan sendiri," katanya.

Ia juga menilai soliditas di Polda Sulut sangat baik, penuh kekeluargaan sehingga mempengaruhi para petugas penegak hukum
Sebelumnya Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra menyampaikan selamat datang kepada Ketua Komisi III dan rombongan.

Pada kesempatan itu juga Kapolda Sulut memaparkan kesiapan Polda Sulut dan jajaran dalam pelaksanaan tugas, diantaranya pengamanan Pilkada dan upaya pencegahan COVID-19.
Kegiatan yang dilaksanakan di aula Catur Prasetya Polda Sulut, dihadiri sejumlah  anggota Komisi III DPR RI, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, para pejabat utama Polda Sulut dan Kapolresta, Kapolres jajaran.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024