Manado (ANTARA) - Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Sulawesi Utara (Sulut) Kombes Pol Dumadi mengatakan bahwa keberadaan bhabinkamtibmas di desa dan kelurahan diperlukan oleh masyarakat untuk memantapkan kamtibmas.

"Pimpinan Polda Sulut berharap wilayah hukum kepolisian tersebut menjadi aman dan tenteram dengan keberadaan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas)," kata dia saat memberikan arahan kepada perwakilan bhabinkamtibmas dan para kasat binmas di Manado, Jumat (13/11).

Ia mengharapkan bhabinkamtibmas yang bertugas di jajaran Polda Sulut terus meningkatkan kinerja di tengah-tengah masyarakat.

Di Sulut, jumlah bhabinkamtibmas 690 orang, sedangkan jumlah desa/kelurahan sekitar 1.700 desa.
Hal tersebut belum memenuhi harapan Mabes Polri yang menginginkan di satu desa atau kelurahan terdapat satu bhabinkamtibmas, karena keterbatasan personel Polri di Sulut.

"Namun hal itu tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan tugas di lapangan,"katanya.

Terkait dengan pandemi COVID-19 dan pilkada serentak, Dumadi berharap, peran bhabinkamtibmas agar lebih nyata di lapangan.

"Bhabinkamtibmas diharapkan menjadi teladan di masyarakat dalam pencegahan COVID-19, ingatkan warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Ingatkan juga masyarakat agar tetap menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan di tengah pelaksanaan Pilkada Serentak 2020,” katanya.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan melalui zoom meeting yang diikuti dari masing-masing polres.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024