Manado (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Fenny Roring Lumanauw mengedukasi orang tua dalam mengelola emosi saat mendampingi anak belajar dari rumah di masa pandemi COVID-19 ini.

"Jika emosi dikelola dengan baik, semangat anak tetap optimal, tidak bosan, apalagi tertekan saat menjalankan pendidikan di masa pandemi," kata Fenny, di Tondano, Jumat.

Pandemi COVID-19, katanya, memaksa guru dan murid harus bertatap muka lewat daring, sehingga membutuhkan pendampingan orang tua lebih besar, ketika anak sedang belajar.

Fenny mengatakan pengelolaan emosi orang tua dalam mendidik anak sangat diperlukan, terlebih dalam situasi belajar dari rumah.

Karena terkadang, katanya, ada orang tua yang mengalami tekanan maupun stres dalam mendidik dan membimbing anak saat belajar dari rumah.

Apalagi, katanya, ditambah jika orang tua sibuk dengan pekerjaan kantor maupun bisnis.

Pihaknya mengajak, agar bersama dalam mendukung optimalisasi proses belajar dari rumah bagi anak, apalagi di satuan pendidikan anak usia dini (PAUD), bisa terlaksana sambil tetap berharap agar situasi ini semakin baik.

Dunia pendidikan pada khususnya dapat berangsur pulih, dan senantiasa mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan setiap keluarga harus tetap menerapkan protokol COVID-19 yakni 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak jika beraktifitas di luar rumah.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024