Manado (ANTARA) - Badan Karantina Pertanian (Barantan) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan penguatan sistem karantina dalam meningkatkan kinerja ekspor pertanian daerah tersebut.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil mengatakan penguatan sistem perkarantinaan sangat penting dilakukan, agar kualitas  produk pertanian Sulut semakin bermutu dan diakui pasar dunia.

"Sejalan dengan tugas strategis yang diberikan Kementerian Pertanian untuk mengawal Gratieks supaya ekspor komoditas pertanian meningkat," jelasnya.

Dia mengatakan pihaknya melakukan penguatan kesisteman perkarantinaan, seperti fasilitas pemeriksaan baik sarana dan prasarana laboratorium, serta kemampuan petugasnya untuk dapat memastikan kesehatan dan keamanan produk sesuai protokol ekspor negara mitra dagang.

“Ini adalah tugas kami untuk mengawal juga memastikan agar kesehatan dan keamanan produk pertanian yang dilalulintaskan harus dipenuhi sehingga terjamin dinegara tujuan," katanya.

Sehingga, katanya, akan terus mendorong pelaku usaha meningkatkan kemampuan produksi,  kualitas produknya serta jaminan penerimaan dan pendampingan pemenuhan persyaratan ekspor.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024