Manado (ANTARA) - Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pengembangan dunia pendidikan terlebih khusus untuk anak usia dini, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo melalui Program CSR PLN Peduli meluncurkan sebuah produk edukasi berbasis buku bacaan yang dinamakan Komik Si Lintar.

Komik Si Lintar ini merupakan salah satu ide dan terobosan PLN dalam rangka melakukan edukasi terhadap masyarakat lebih khusus anak-anak terkait dengan keselamatan ketenagalistrikan. Selain itu, Komik yang memiliki konsep unik dan menarik untuk dibaca ini hadir dalam 3 edisi, yaitu edisi Manado, Palu, dan Gorontalo dan terdaftar juga di Perpustakaan Nasional dengan adanya Nomor ISBN masing-masing edisi Komik Si Lintar. 

Selain dalam bentuk Komik bacaan, para pembaca juga dapat melihat langsung Video Visualisasi yang ada dalam Komik tersebut dengan melakukan Scan Barcode dimasing-masing halaman Komik dan terhubung dengan laman YouTube Channel PLN UIW Suluttenggo.

Kegiatan Launching Komik Si Lintar ini bertempat di Kawasan Pemukiman TPA Somompo Manado dan dihadiri oleh General Manager UIW Suluttenggo Leo Basuki, General Manager UIP Sulbagut Mimin Insani, General Manager UIKL Sulawesi Suroso Isnandar, Senior Manager SDMU UIW Suluttenggo Galih Chrissetyo, dan Manager UP2D Suluttenggo Petrus Ichwansaputra. 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut mewakili Stakeholder yaitu perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Defris Walangitan S.Sos dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Utara, Nova Kumajas S.Pd, M.Si serta puluhan anak-anak yang bermukim disekitar kawasan TPA Sumompo dan komunitas belajar anak Sahabat Pelangi yang turut dalam kemeriahan acara disore itu.

“Komik Si Lintar ini bertemakan kelistrikan yang dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami sehingga pesan yang hendak disampaikan bisa dimengerti untuk usia anak-anak. Kami berharap Komik ini bisa menjadi sarana edukasi terkait keselamatan ketenagalistrikan mengingat listrik merupakan kebutuhan vital masyarakat saat ini” tutur Leo.

“Pada kesempatan ini juga kami turut melakukan sosialisasi terkait kewajiban dimasa Pandemi Covid-19 yaitu dengan gerakan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal ini menjadi penting kami sampaikan kepada anak-anak sejak dini, agar pencegahan akan penularan virus dapat dilakukan dengan maksimal” tambah Basuki.

Para Stakeholder terkait pun memberikan dukungan penuh kepada PLN untuk melakukan edukasi dini serta kampanye melawan penyebaran Covid-19 kepada anak-anak usia dini. 

“Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada PLN yang sudah mengeluarkan sebuah komik edukasi ini, seperti kita ketahui bersama bahwa buku adalah jendela dunia, semoga dengan adanya Komik Si Lintar ini dapat membuka wawasan anak-anak terkait kelistrikan sejak usia dini” sambut Walangitan.    

Senior Manager SDM & General Affairs UIW Suluttenggo Galih Chrissetyo menambahkan bahwa PLN melalui program CSR PLN Peduli sangat concern terhadap program-program community development salah satunya yang berkaitan dengan edukasi ketenagalistrikan dan upaya kebiasaan baru (New Normal) melawan penyebaran virus Covid-19 seperti ini. “Semoga apa yang telah PLN lakukan sebagai langkah awal dalam membentuk wawasan dan kepedulian anak-anak ini, dapat memberikan nilai tambah lebih dan memberikan manfaat bagi anak-anak yang akan menjadi penerus generasi kedepannya”, sehingga tujuan SDGs dan Pengelolaan ISO : 26000 yang menjadi Acuan CSR PLN Group, bisa berjalan dengan kontinyu,  tutup Galih.  
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024