Manado (ANTARA) - Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara Edison Humiang mengingatkan warganya agar tetap menerapkan 3M pencegahan COVID-19 selama libur nasional dan cuti bersama 28 Oktober hingga 1 November 2020.

"Selama liburan bersama keluarga, saya meminta masyarakat tetap mematuhi protap kesehatan pencegahan COVID-19," kata Edison di Bitung, Rabu.

Hal itu ditegaskan Edison karena cuti bersama dan libur panjang tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2020 saat ini cukup panjang, dalam situasi pandemi COVID-19.

"Tetap patuhi protap kesehatan, terutama memakai masker, rajin mencuci tangan, selalu menjaga jarak atau disingkat 3M selama cuti dan libur,” kata Edison.

Penerapan 3M itu kata Wali Kota mengacu pada Surat Edaran Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tentang Antisipasi Cuti Bersama dan Libur Panjang tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2020 yang diterbitkan 22 Oktober 2020.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk bijak dalam memanfaatkan libur panjang, apabila tidak ada keperluan mendesak yang mengharuskan bepergian sebaiknya selama libur panjang tetap tinggal di rumah terutama bagi kelompok rentan seperti lansia, anak-anak dan orang dengan penyakit penyerta.

Namun, jika mengharuskan untuk keluar rumah pastikan dalam keadaan sehat serta harus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Jika memiliki gejala seperti demam, batuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.
Kunci utama dalam pencegahan penularan COVID-19 adalah dengan disiplin, disiplin dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Mari sama-sama mencegah penularan COVID-19, katanya.

Adapun poin-poin yang tertuang dalam SE Menteri Kesehatan terkait cuti dan libur bersama adalah menggencarkan edukasi protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), meningkatkan ketersediaan sarana CTPS (cuci tangan pakai sabun) di tempat dan faslilitas umum, meningkatkan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan, dan meningkatkan upaya pelacakan, pemeriksaan/tes laboratorium dan penanganan COVID-19.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024