Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane membantu pengembangan sayuran hidroponik bagi masyarakat di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara  yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.

" Pulau Miangas  merupakan pulau terdepan di wilayah perbatasan RI-Filipina dengan luas daratan yang kecil serta lapisan tanah yang kurang baik untuk pertanian karena itu  merupakan tantangan tersendiri dalam rangka ketahanan pangan,  karena itu coba kembangkan sistem pertanian hidroponik,"kata Komandan Lanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto, di Manado, Selasa.

Karena kondisi alam tersebut, maka, harga sayur mayur di Pulau Miangas sangat tinggi.

"Karena itu,   Lanal memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya dengan sistem pertanian hidroponik,"katanya.

Dalam rangka mendukung program tersebut, Lanal Melonguane telah mengirimkan Pjs Paspotmar Lanal Melonguane Kapten Laut (PM) Joni Demma’dika , yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pertanian ke Pulau Miangas untuk mengembangkan sistem pertanian hidroponik dan polibag selama tiga bulan ke depan.

Selain pengembangan pertanian hidroponik, Lanal  akan secara rutin mengirimkan hasil panen sayuran hidroponik yang dikembangkan di Mako Lanal Melonguane untuk membantu masyarakat di pulau tersebut.
 

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024