Manado (ANTARA) - Dalam rangka membangun silahturahim, sinergi, serta menggali potensi dan harapan para stakeholder kepada PLN, maka manajemen PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo mengadakan kunjungan pada beberapa stakeholder di Provinsi Sulawesi Tengah diantaranya Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati Parigi, dan Kepala BIN Sulteng serta Kepala Kantor Wilayah BPN Sulteng.

Dalam kesempatan itu juga pihak PLN memberikan informasi terkait kondisi terkini seputar kelistrikan di wilayah Sulawesi Tengah

Turut hadir dalam rangkaian kunjungan tersebut General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo Leo Basuki, General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi Suroso Isnandar, dan Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Sulbagut Nur Akhsin bersama dengan masing-masing jajarannya. 

Pada kesempatan pertama rombongan bertolak ke kantor Gubernur Sulawesi Tengah dan disambut langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si bersama jajaran yang ada.    

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo Leo Basuki melaporkan kepada Gubernur Sulawesi Tengah bahwa pada, Minggu (27/09) terjadi longsor di jalan Poros Palu - Parigi km 9, Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah, kejadian tersebut membuat beberapa tower transmisi 70 kV line transmisi Talise – Single phi - Parigi khususnya pada tower 79 dan 80 mengalami kondisi sangat kritis.

“Seperti kita ketahui tower transmisi memiliki peran yang sangat penting dan vital dalam penyaluran energi listrik, PLN terus berkomitmen untuk melakukan pelayanan prima dengan menjaga keandalan pasokan listrik yang ada dengan berusaha untuk mengatasi permasalahan di lapangan, serta melakukan mitigasi resiko berbagai kemungkinan simulasi, sebagai antisipasi keadaan tersebut,” ujar Leo

Suroso Isnandar, selaku General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi menambahkan  PLN dengan sigap telah mengirimkan Tim ERS (Emergency Restoration System) untuk melakukan pembangunan tower emergency pada daerah terdampak dengan tujuan mengambil alih sementara fungsi dari tower yang mengalami kondisi kritis.

“Saat ini personil dari Tim ERS PLN telah dikerahkan untuk melakukan pekerjaan pembangunan tower emergency tersebut, medan yang terjal dan akses angkut material yang berat tidak menjadi penghalang tim untuk melakukan pekerjaan tersebut, kami mengupayakan baik langkah jangka pendek maupun jangka panjang untuk antisipasi berbagai macam kemungkinan, ” tambah Isnandar.

Tower transmisi 70 kV line transmisi Talise – Single phi - Parigi  merupakan satu satu nya jalur suplai tenaga istrik dari Palu menuju kabupaten Parigi Moutong, sehingga pekerjaan pembangunan tower emergency ini merupakan prioritas utama demi terjaganya kelangsungan pasokan listrik untuk pelanggan.

Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si berterima kasih kepada PLN yang merespon secara cepat terkait permasalahan pada kelistrikan yang terjadi di Sulawesi Tengah terlebih khusus yang ada di daerah Kabupaten Parigi Moutong.

“Kami tentunya menyambut baik terkait informasi yang diberikan PLN yang secara sigap langsung turun untuk melakukan recovery kondisi kelistrikan pada tower transmisi yang mengalami kondisi buruk akibat dari bencana alam tanah longsor di Jalur Palu - Parigi, memang bencana seperti ini tidak bisa kita ketahui kapan akan terjadi. Pemerintah dalam hal ini akan mendukung pihak PLN yang berusaha mempercepat penanganan perbaikan di lapangan, dan semoga segala hal dapat dilancarkan sehingga masyarakat dapat terus menikmati listrik” ungkap Djanggola.         

Selanjutnya rombongan berkesempatan bertatap muka bersama kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tengah, Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin S.E, M.H dalam suasana yang hangat sambil menikmati makan siang disalah satu rumah makan di Kota Palu. Pada sore hari menutup serangkaian agenda kunjungan di hari itu rombongan mengunjungi Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Sulawesi Tengah Dr. Ir. Doni Janarto Widiantono M.Eng.Sc. 

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga silahturahim kepada pihak stakeholder yang memiliki keterikatan erat dengan PLN. 
 
Sehari sebelumnya, rombongan mengunjungi Bupati Kabupeten Parigi Moutong Kolonel Inf (Purn) H. Samsurizal Tombolututu. 

Dengan menyampaikan informasi yang serupa terkait kejadian di beberapa tower transmisi 70 kV line transmisi Talise – Single phi - Parigi khususnya pada tower 79 dan 80 yang mengalami kondisi buruk akibat bencana alam tanah longsor.

Dalam menyambut Hari Listrik Nasional ke-75 Tahun, PLN terus melayani masyarakat dengan kerja nyata membawa terang sampai ke pelosok negeri. Keandalan listrik pun menjadi fokus utama PLN agar supaya masyarakat bisa menikmati listrik secara berkelanjutan dengan berusaha meminimalisir faktor gangguan di lapangan. 

Hal itu terbukti nyata dengan respon cepat PLN dalam menanggapi masalah pada tower transmisi di Sulawesi Tengah yang dengan kerja nyata seluruh insan PLN untuk terus melayani listrik seluruh masyarakat.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024