Manado (ANTARA) - Bawaslu Kota Manado, membahas persiapan penerimaan pengawas TPS (PTPS) di seluruh kota Manado, sebanyak 1.958 orang, yang akan bertugas pada pemungutan suara nanti, di Peninsula Hotel, Kamis Sore. 

"Kami mengundang Panwaslur dan Panwascam, membahas persiapan pembentukan PTPS sebanyak 1.958 orang, dimana untuk satu TPS ada satu yang akan bertugas dan lainnya sebagai pengganti jika tak bisa melaksanakan tugas," kata Pimpinan Bawaslu Manado, Heard Runtuwene, SPi, MSi, di Manado. 

Dia mengatakan yang dibutuhkan memang hanya sebanyak 979 orang, tetapi harus ada PAW, sebab nanti setelah dilantik, akan lagsung di-rapid test, dan jika berdasarkan hasil pemeriksaan itu, reaktif maka akan langsung diganti sebab akan dilarang bertugas jika seperti itu.  Pembahasan sekaligus pembimbingan bagi Panwaslur dan Penawascam dalam penerimaan PTPS nanti. (jo/ANTARA0 (1)
"Karena itulah kami akan menerima sebanyak 1.958 orang sesuai regulasi yang ada," katanya. 

Dia mengakui semenjak dibuka, sampai saat ini baru sekitar 20 persen yang terdaftar karena baru ada sekitar 200 yang mendaftar, tetapi dia optimis nanti akan terpenuhi. 

"Jika memang belum terpenuhi masih ada dua kali perpanjangan, jadi yakin sampai saatnya akan terpenuhi," katanya. 

Dia mengatakan, salah satu persyaratan yang wajib ada itu adalah usia minimal 25 tahun, dan lainnya umum seperti WNI, bukan anggota Parpol, tidak sedang ,menjalani hukuman dan lainya.  Pembahasan sekaligus pembimbingan bagi Panwaslur dan Penawascam dalam penerimaan PTPS nanti. (jo/ANTARA0 (1)  
Koordinator divisi SDM Bawaslu Manado itu, mengatakan, bahwa sesuai dengan regulasi kewenangan membuka penerimaan itu adalah di Panwascam, tetapi Panwaslur juga membantu. 

Sementara dalam pembahasan dengan Panwascam dan Panwaslur, Ketua Bawaslu Karwan Kawinda, memberikan materi tentang tugas dan kewenangan pengawas kecamatan dan kelurahan. ***


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024