Sulut, Sangihe (ANTARA) - Juru bicara penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jopy Thungari mengatakan, kasus terkonfirmasi COVID-19 di Sangihe kembali bertambah dua orang sehingga dicatat sebagai pasien 22 dan 23.

"Hari ini, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Sangihe kembali bertambah dua orang yang dicatat sebagai kasus 22 dan 23," kata Jopy Thungari di Tahuna, Sabtu.

Menurut dia, tambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sesuai dengan siaran pers gugus tugas COVID-19 Provinsi Sulawesi Utara Sabtu, 26 September 2020 bahwa terdapat ketambahan dua kasus positif COVID-19 di Sangihe.

"Pasien 22 dan 23 terkonfirmasi COVID-19 ini memiliki kontak erat dengan pasien 19," kata dia.

Pasien 22 berjenis kelamin perempuan, usia 43 tahun, dari Kecamatan Tahuna Timur demikian juga dengan pasien 23 adalah laki-laki, usia 45 tahun juga dari Kecamatan Tahuna Timur.

Pengambilan usap tenggorokan dilakukan bagi dua pasien ini pada tanggal 22 September 2020 oleh tim satuan tugas.

"Saat ini kedua pasien dalam keadaan baik, tanpa keluhan atau gejala, dan telah diisolasi. Keduanya memiliki kontak erat dengan pasien 19," kata dia.

Dia mengatakan, Satuan Tugas penanganan COVID-19 saat ini sedang menelusuri masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dari dua pasien ini untuk dilakukan rapid test dan tes usap.

"Tim satuan tugas sedang berusaha menelusuri mereka yang kontak erat dengan dua pasien ini untuk dilakukan tes cepat dan usap tenggorokan," kata dia.

Selama dua hari ini kata dia, sudah ada empat kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sangihe.

Dia berharap, masyarakat terbuka untuk menginformasikan kepada satuan tugas bila pernah melakukan kontak erat dengan pasien 22 dan 23.

Thungari menghimbau kepada masyarakat Sangihe agar tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

"Kami menghimbau masyarakat di Kabupaten Sangihe agar tetap mematuhi protokol kesehatan ketika berada di luar rumah agar terhindar dari COVID-19," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024