Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sam Ratulangi menggelar tes cepat kepada personel bersama keluarga, dalam mencegah penyebaran COVID-19, di Manado, Senin.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk, mengatakan diharapkan kegiatan tes cepat ini dapat menghambat dan membatasi penyebaran virus COVID-19.

"Serta meningkatkan empati, tanggungjawab dan kepedulian bersama akan pentingnya memeriksakan diri untuk menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan," katanya.

Ia mengatakan kesempatan baik ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kita bersyukur masih diberikan kesehatan dibandingkan dengan saudara-saudara kita yang lainnya yang berada di Wisma Atlet. Namun, tidak dapat menjamin bahwa kita akan sehat terus," katanya.

Ia menambahkan jangan sampai menunggu sakit untuk berobat dan diharapkan dapat mencegah.

"Jangan ada yang merasa takut, jangan ada yang menghindar, atau tidak melaksanakannya. Jangan sampai nila setitik merusak susu sebelanga, kita tidak berharap akan terjadi demikian," katanya.

Namun jika terjadi hal yang tidak kita inginkan, lanjut Tumanduk, maka tindakan harus kita laksanakan.

"Yakni, cepat diobati, langsung karatina, isolasi. Jadi saya harapkan disiplin dari seluruh anggota Lanud Sam Ratulangi untuk mengikuti tes cepat ini, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

Virus ini bukanlah aib, tetapi melalui pemeriksaan tes cepat, ini adalah bukti cinta kita kepada keluarga, orang-orang yang terdekat dengan kita dan yang paling kita sayangi.
"Sebab kita melindungi keluarga, melindungi orang lain," katanya.

Kepala Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi Kapten Kes dokter Ahmad Fauzi, mengatakan kegiatan kesehatan ini merupakan wujud pertanggungjawaban kepada kedinasan serta sekaligus bentuk kepedulian keluarga besar Lanud Sam Ratulangi untuk meningkatkan kualitas kesehatannya.

"Ratusan personel Lanud Sam Ratulangi beserta keluarganya akan diambil sampel darahnya hari ini," katanya.

Ia mengatakan beberapa waktu lalu, Lanud Sam Ratulangi telah menerima bantuan alat tes cepat dari Kementerian Pertahanan RI. Sehingga, Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi yang telah menerimanya diwajibkan untuk segera menyelenggarakan tes cepat ini.

“Kami diperintahkan oleh Kadiskesau, terkait telah menerima bantuan alat tes cepat dari Kemhan. Kami pula dihubungi oleh Kolonel Kes dr. Harowi, Kasubdis Yankes Diskesau, untuk segera melaksanakan tes cepat bagi personel dan keluarga," katanya.

Setelah mendapatkan arahan dan petunjuk dari Komandan, lanjut dia, pihaknya melaksanakan tes cepat bagi seluruh anggota dan seluruh keluarga besar Lanud Sam Ratulangi.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024