Manado (ANTARA) - PPS di 87 kelurahan secara serentak melaksanakan pleno hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, selama tiga hari, mulai 31 Agustus. 

"Pleno kami laksanakan di 87 kelurahan bersama dengan pemerintah setempat, Panwas, perwakilan parpol hingga PPDP sebagai peserta supaya bisa memberikan klarifikasi, jika ada pertanyaan," kata Komisioner KPU Manado, Abdul Gafur Subaer, di Manado. 

Dia mengatakan, dalam pleno tersebut jika memang ada rekomendasi perbaikan dari Panwaslur maupun perwakilan Parpol akan diterima. 

"Tetapi harus memberikan rekomendasi by name dan by addres, supaya benar-benar akurat, jangan hanya by teori," katanya.   
Di sisi lain, dia mengatakan, semua rekomendasi yang memang sesuai dengan ketentuan akan diterima, dan dibuat dalam berita acara, tetapi untuk eksekusinya masuk dalam daftar pemilih hasil pemutahiran harus dilakukan di kecamatan. 

Begitu seterusnya, kata Gafur, jika juga ada rekomendasi untuk perbaikan di tingkat kecamatan, akan dieksekusi di pleno di tingkat Kota Manado. 

Gafur yakin, bahwa pleno di kelurahan akan berjalan lancar, sebab semua data yang dimasukan dalam Sidalih sudah bersih, kalaupun ada yang kurang dan harus diperbaiki masukannya juga harus jelas. 

Diapun menambahkan nantinya hasil tersebut akan dibahas juga ditingkat kecamatan sampai ke kota Manado, yang akan menjadi DPS lalu sampai ke provinsi dan menjadi DPT di KPU RI. *** 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024