Sulut, Sangihe (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana mengajak petani agar terus meningkatkan semangat bertani untuk menjaga ketahanan pangan.

"Kami mengajak semua petani yang ada di Kabupaten Sangihe untuk meningkatkan semangat bertani demi menjaga ketahanan pangan daerah," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Minggu.

Menurut Bupati, saat ini sudah ada beberapa kelompok generasi muda yang menamakan diri petani muda Sangihe melakukan kegiatan penanaman tanaman holtikultura.

"Kami bersyukur ada beberapa kelompok petani muda yang telah menekuni bidang pertanian dengan menanam tanaman holtikultura dan sudah berhasil melakukan panen," kata Bupati.

Kegiatan yang positif seperti ini kata Bupati harus dicontohi oleh masyarakat lainnya khususnya generasi muda untuk memanfaatkan lahan yang masih kosong.

"Mari semua generasi muda yang memiliki lahan pertanian untuk bertani demi meningkatkan pendapatan serta menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Sangihe," kata Bupati.

Saat ini kata Bupati, dirinya juga telah memiliki lahan pertanian untuk memotivasi masyarakat dalam bertani.

"Sebagai Bupati, saya juga memiliki lahan pertanian yang sudah dipetik hasilnya. Ini memotivasi masyarakat sebab Bupati Sangihe bukan cuma mengajak masyarakat tapi juga ikut bertani," kata dia.

Lahan pertanian di Kabupaten Sangihe sangat subur namun belum dikelola dengan baik dan maksimal oleh masyarakat.

"Mari kita terus giatkan budaya kita untuk bertani dengan memanfaatkan lahan yang kosong untuk tanaman holtikultura,"kata Bupati.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024