Sulut, Sangihe (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Junaidi Bawenti mengimbau  masyarakat Sangihe agar melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan santun.

"Kami mengimbau semua masyarakat wajib pilih  agar melaksanakan setiap tahapan Pilkada dengan santun," kata Junaidi Bawentu di Tahuna, Sabtu.

Menurut dia, Pilkada adalah pesta demokrasi yang digelar untuk memilih pemimpin sehingga harus dilaksanakan dengan sukacita tanpa ada perselisihan maupun perpecahan.

"Pilkada adalah pesta masyarakat untuk memilih pemimpin sehingga harus terlaksana dengan damai dan sukacita," kata dia.

Dengan demikian kata dia, pelaksanaan Pilkada tidak boleh dilakukan dengan cara yang merusak perasaan damai itu sendiri.

"Marilah kita laksanakan Pilkada tanpa hoaks dan ujaran kebencian agar sukacita dan kedamaian menjadi bagian kita semua sebagai warga masyarakat," kata dia.

Dia mengatakan, jajaran Bawaslu sampai di kampung dan kelurahan terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Pilkada.

"Kami terus melakukan pengawasan setiap tahapan Pilkada. Siapa yang melakukan pelanggaran tetap di proses sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024