Sulut, Sangihe (ANTARA) - Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Dokta Pangandaheng mengatakan tenaga harian lepas (THL) yang ada di lingkungan pemerintah daerah setempat telah diikutkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Pemerintah Kabupaten Sangihe telah mengikutkan 1.063 tenaga harian lepas menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," kata dia di Tahuna, Sabtu.

Dia menjelaskan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga harian lepas sudah diterima dari kantor BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami sudah menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk tenaga harian lepas di lingkungan pemerintah Sangihe," kata dia.

Dia mengatakan untuk penyerahan kartu kepada tenaga harian lepas masih menyesuaikan waktu pimpinan daerah.

"Penyerahan kartu menyesuaikan agenda dari Bapak Bupati. Karena ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Sangihe," kata dia.

Dia mengatakan dengan diperolehnya kartu BPJS Ketenagakerjaan maka setiap pekerja mendapat jaminan dari pemerintah ketika bertugas.

"Melalui kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan berarti ada jaminan dari pemerintah ketika terjadi kecelakaan saat bekerja," kata dia.

Dia mengatakan semua tidak menghendaki terjadinya kecelakaan dalam melaksanakan tugas namun ketika hal itu terjadi maka sudah ada jaminan.

"Kita berharap semua peserta BPJS Ketenagakerjaan tetap waspada dalam melaksanakan tugas namun ketika terjadi kecelakaan kerja maka pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan sudah memberikan jaminan," kata dia.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024