Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore ditutup menguat seiring positifnya mayoritas mata uang kawasan Asia.

Rupiah ditutup menguat 28 poin atau 0,19 persen menjadi Rp14.632 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.660 per dolar AS.

"Pasar merespon kebijakan moneter baru setelah Gubernur The Fed Jerome Powell meluncurkan strategi baru Federal Reserve yang agresif," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Jumat.

Berbicara di simposium Jackson Hole, Powell mengatakan bank sentral akan berusaha mencapai inflasi rata-rata dua persen untuk memastikan pulihnya ekonomi dan terciptanya lapangan kerja.

Selain itu, pasar juga merespon positif mengenai kabar bahwa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengundurkan diri pada hari ini. Spekulasi akan pengunduran diri Abe sudah berhembus dalam beberapa pekan terakhir dan semakin menguat belakangan ini.

Dari domestik, pandemi COVID-19 di DKI Jakarta sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan mengalami penurunan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun kembali memperpanjang masa transisi-PSBB selama dua minggu ke depan.

Jumlah pasien positif COVID-19 di Jakarta per 28 Agustus 2020 bertambah 820 orang. Penambahan kasus tersebut merupakan angka tertinggi sejak munculnya kasus positif COVID-19 di Ibu Kota.

Jumlah akumulatif pasien positif COVID-19 di jakarta tercatat sebanyak 36.462 orang. Sebanyak 28.288 orang dinyatakan telah sembuh atau 77,6 persen. Sebanyak 1.147 orang meninggal dunia atau 3,1 persen dan 7.027 orang masih dirawat atau diisolasi.

"Dengan diperpanjangnya masa transisi PSBB peluang Indonesia masuk dalam jurang resesi semakin lebar walaupun pemerintah terus melakukan strategi-strategi untuk menggairahkan pasar, terutama konsumsi masyarakat yang masih stagnan dan investasi yang berjalan di tempat akibat pembatasan aktivitas selama pandemi," ujar Ibrahim.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp14.655 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.620 per dolar AS hingga Rp14.710 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Jumat menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.702 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.714 per dolar AS.
 

Pewarta : Citro Atmoko
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024