Manado (ANTARA) - Puncak peringatan HUT ke-75 Proklamasi di Manado, diperingati di Pulau Manado Tua, dalam upacara penaikan bendera dengan wali kota Vicky Lumentut, sebagai inspektur upacara. 

"Penaikan Sang Merah Putih, sebenarnya dilaksanakan di beberapa lokasi, antara lain, Taman Berkat, pohon berkat, pantai Karangria dan dilakukan dalam jaringan, sehingga semuanya terkoneksi dengan lokasi di puncak Pulau Manado," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, melalui Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas, Sonny Takumansang, di Manado, Senin.   Wali Kota Irup upacara di Bunaken (ist/ANTARA) (1)
Sedangkan untuk upacara penurunan bendera difokuskan di satu lokasi, yakni lapangan depan Dinas pariwisata kota Manado, yang juga dipimpin oleh Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, dihadiri jajaran pejabat di Pemkot Manado, serta Forkopimda. 

Dia mengatakan, memilih puncak Pulau Manado Tua, sebagai pusat penaikan Sang Merah Putih karena juga menjadi peluncuran salah satu destinasi wisata di Manado. 

"Di situ pemerintah sudah membangun tangga yang akan digunakan untuk mencapai puncak yang akan dijadikan sebagai lokasi wisata religi," katanya mengutip pernyataan wali kota.  Wali Kota Irup upacara di Bunaken (ist/ANTARA) (1)
Karena itu menurutnya, maka lokasi tersebut dipilih sebagai lokasi pusat peringatan HUT ke-75 proklamasi kemerdekaan RI, di Kota Manado.  

Sementara acara lainnya, seperti tos kemerdekaan dilaksanakan malam setelah upacara penurunan bendera demikian juga dengan lainnya. 

Di sisi lain, dia mengatakan, upacara peringatan HUT ke-75 juga tetap mematuhi protokol kesehatan, sebab para peserta upacara termasuk inspektur dan komandan upacara menggunakan masker untuk melindungi diri dari serangan virus corona.*** 

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024