Sulut, Sangihe (ANTARA) - Kodim 1301/Sangihe menggelar lomba dayung perahu tradisional di perairan laut Teluk Tahuna dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia

Lomba dayung yang di gelar hari Sabtu, diikuti 16 perahu yang tergabung dari personil Babinsa, Jajaran Kodim 1301/Sangihe bersama masyarakat di wilayah binaan.

Lomba tersebut kata Bintara Penerangan Kodim Sangihe Serda Prasetya, dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Wandu Labesi mewakili Bupati Sangihe dan sejumlah pejabat serta masyarakat.

Menurut Serda Prasetya, kegiatan lomba dayung perahu tradisional (Pelang) merupakan salah satu budaya masyarakat di Kepulauan Sangihe sebagai daerah bahari.

Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Sonny B Saerang mengatakan lomba dayung perahu tradisional ini sebagai salah satu upaya melestarikan budaya lokal sebagai daerah kepulauan juga menjadi hiburan bagi masyarakat setempat.

"Sebagai daerah bahari maka masyarakat Sangihe memiliki keahlian yang khusus di laut sehingga momen perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini digelar lomba perahu sebagai hiburan bagi masyarakat," kata Kasdim.

Melalui lomba ini kata dia, jajaran Kodim mengajak masyarakat mengenang jasa para Pahlawan yang telah berjuang mengusir penjajah dari bangsa Indonesia.

Lomba dayung perahu tradisional tersebut juga dihadiri oleh Danlanal Tahuna Letkol Laut (P) Yulis Andreas Lorentius Siburian, Wakapolres Sangihe, Kompol. Ferry Manoppo, Para perwira Staf Makodim 1301/Sangihe, Para Danramil dan Camat Tahuna.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024