Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban bersama Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung melakukan penanaman pohon dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2020 yang dilaksanakan di area TWA Batu Angus Kelurahan Kasawari Kota Bitung.

Lomban mengatakan bahwa betapa pentingnya kita sebagai manusia untuk terus menjaga dan merawat alam.

"Karena dengan menjaga alam maka alam tersebut juga akan memberi dampak positif bagi kehidupan manusia," katanya.

Peringatan HKAN 2020 ini merupakan momentum untuk terus memasyarakatkan konservasi alam sebagai komitmen seluruh unsur bangsa.

Dukungan sangat penting dan dibutuhkan dari jajaran pejabat sipil/militer, pusat dan daerah serta komunitas masyarakat, akademisi, profesionalis, aktivis dan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat serta media merupakan unsur sangat penting dalam upaya menjaga alam ini. 

"Mari kita bersama-sama menjaga keutuhan kawasan konservasi dan menghindarkan dari kerusakannya,” katanya.

HKAN  merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup yang ada di Indonesia dan  ditetapkan pada tanggal 10 Agustus 2009 oleh Susilo Bambang Yudhoyono, presiden Republik Indonesia yang keenam dan merupakan hari peringatan yang memiliki tujuan untuk mengampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat.  serta memiliki tujuan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam. Hari peringatan ini dikoordinir langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024