Sulut, Sangihe (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, Junaidi Bawenti mengatakan, pelaksanaan pemutakhiran data pemilih pemilihan kepala daerah (Pilkada) di daerah kepulauan tersebut  berjalan lancar.

"Sampai saat ini belum ada temuan dan laporan pelanggaran pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih Pilkada, . berarti kegiatan ini masih berjalan lancar," kata Junaidi Bawenti di Tahuna, Selasa.

Menurut dia, jajaran pengawas pemilu terus melakukan pengawasan agar tahapan pemutakhiran data pemilih  terlaksana dengan baik.

"Jajaran kami yang ada di kampung dan kelurahan secara aktif melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih," kata dia.

Kendati demikian berharap partisipasi masyarakat dalam menyampaikan informasi kepada petugas yang ada di lapangan apabila menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh petugas maupun masyarakat.

"Kami tetap membuka diri untuk menerima informasi dari masyarakat tentang dugaan pelanggaran tahapan Pilkada," kata dia.

Dia mengatakan dengan  pelaksanaan pemutakhiran data pemilih ini, semua wajib pilih terdata dalam daftar pemilih.

"Kami berharap semua wajib pilih di wilayah kabupaten Sangihe tidak ada yang tercecer, semuanya masuk dalam daftar pemilih untuk menggunakan hak pilih pada 9 Desember 2020 nanti," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024