Sulut, Sangihe (ANTARA) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, terus mendorong petani di daerah itu memanfaatkan setiap lahan kosong untuk kegiatan pertanian.

"Kami terus mendorong petani agar memanfaatkan setiap lahan yang kosong untuk ditanam sesuatu yang bermanfaat bagi keluarga seperti cabai," kata Kepala Distan Kepulauan Sangihe, Golfried Pella di Tahuna, Jumat.

Menurut dia, saat ini masih banyak lahan kosong yang tidak dimanfaatkan oleh petani sehingga menjadi lahan tidur dan tidak bermanfaat bagi keluarga.

Dia mengatakantanaman hortikultura seperti jagung, cabai dan tomat bisa menggunakan sela tanaman kelapa.

Saat ini, kata dia, sudah ada beberapa petani yang kreatif memanfaatkan lahan yang kosong untuk ditanami cabai dan tomat.
Hasilnya sangat baik sehingga dapat membantu tambahan penghasilan keluarga.

Berbagai tanaman hortikultura tidak memerlukan lahan yang besar. Di pekarangan rumah juga bisa difungsikan untuk menanam cabai serta tomat.

"Cabai dan tomat bisa dikembangkan di halaman rumah dengan menggunakan berbagai wadah yang tersedia. Kalau ini dilakukan oleh masyarakat maka sangat membantu mengurangi pengeluaran," kata dia.

Dia mengatakan, kalau masyarakat petani membutuhkan pendampingan dari penyuluh pertanian, silahkan melapor ke dinas pertanian.

"Tenaga penyuluh pertanian siap memberikan pendampingan kepada petani bila dibutuhkan," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024